logo blog
Selamat Datang Di Blog Kumpulan Rumus Excel
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kumpulan Rumus Excel,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Rumus CHISQ.TEST

Rumus CHISQ.TEST dapat kita pakai untuk menguji tingkat kebebasan. CHISQ.TEST akan menghasilkan nilai chi-kuadrat untuk statistik dan angka tingkat kebebasan. Kita dapat memakai percobaan chi-kuadrat untuk menentukan hasil hipotesa kita apakah telah sesuai dengan percobaan kita atau belum sesuai.

Rumus: =CHISQ.TEST(actual_range,expected_range)
  • actual_range  merupakan data range yang berisi observasi yang akan kita uji nilainya.
  • expected_range merupakan data range yang berisi perbandingan dari perhitungan total baris dan total kolom untuk grand total.
  • Apabila actual_range dan expected_range memiliki perbedaan jumlah data poin, maka rumus CHISQ.TEST akan menampilkan nilai kesalahan #N/A!.
  • Percobaan chi-kuadrat pertama mengkalkulasi statistik chi-kuadrat memakai rumus di bawah ini : 
  • Nilai terendah dari chi-kuadrat merupakan sebuah indikator tingkat angka bebas. Seperti yang terlihat dalam rumus di atas, bahwa nilai chi-kuadrat selalu positif atau 0 (nol).
  • CHISQ.TEST akan menghasilkan kemungkinan dengan nilai statistik chi-kuadrat terakhir sama tinggi dengan nilai yang dihitung oleh rumus di atas, yang dapat dilakukan dengan peluang di bawah asumsi dari derajat angka bebas. Dalam menghitung kemungkinan ini, CHISQ.TEST menggunakan distribusi chi-kuadrat dengan derajat angka bebas yang sesuai, df. Apabila r>1, maka df=(r-1)(c-1). Apabila r=1 dan c=1, maka df=c atau apabila r>1 dan c=1, maka df=r-1. Apabila r=c=1, maka akan menhasilkan nilai kesalahan #N/A!.
  • Penggunaan CHISQ.TEST  akan lebih tepat ketika frekuensi yang diinginkan tidak terlalu kecil. Frekuensi tersebut harus lebih besar dari atau sama dengan 5.
Contoh :
Contoh Data Input Rumus CHISQ.TEST


Rumus
Keterangan
Hasil
=CHISQ.TEST(A2:B4,A6:B8)
Nilai statistik X2 untuk data pada tabel di atas adalah 16.16957 dengan 2 derajat angka bebas.
0.000308



Enter your email address to get update from Kumpulan Rumus Excel.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Kumpulan Rumus dan Fungsi Excel - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger