logo blog
Selamat Datang Di Blog Kumpulan Rumus Excel
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kumpulan Rumus Excel,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Rumus VLOOKUP

Rumus VLOOKUP. Rumus ini hampir sama cara kerjanya dengan Rumus HLOOKUP hanya saja data sel yang dibaca data vertikal. Rumus VLOOKUP dapat kita gunakan untuk mengambil atau membaca data sel dari suato kolom tabel vertikal. Rumus VLOOKUP juga dapat kita pakai untuk membaca tabel vertikal dengan menggunakan nilai kunci pembanding, serta offset kolom (nomor urut kolom) yang menunjukkan posisi data yang akan dibaca pada kolom-kolom tabel vertikal.

Rumus : =VLOOKUP(sel_kunci,range,offset_kolom)
  • sel_kunci, merupakan alamat sel yang kita pakai sebagai kunci pembacaan tabel. Apabila pada saat membaca data kunci pada tabel yang kita isi ternyata tidak sesuai dengan tabel yang kita baca ditemukan kesalahan atau tidak sesuai, maka Ms. Excel akan menampilkan nilai kesalahan #N/A. Misalnya : Jika kunci yang kita masukkan pada rumus bertipe teks sedangkan pada tabel yang dibaca kuncinya bertipe data numberik atau angka.
  • range, merupakan nama range tabel yang akan kita baca, dimana kolom pertama dalam nama range tersebut harus berisi nilai kunci pembanding yang akan dibandingkan dengan nilai kunci pada tabel induk.
Cara memberikan nama range pada tabel vertikal :
  1. Pilih atau seleksi isi tabel selain judul tabel. Lihat gambar di bawah ini : 
    Tabel vertikal yang diberi nama range
  2. Klik Name Box (pada tabel di atas saya beri tanda warna biru), ketikan nama rangenya (misal: kendaraan) kemudian tekan Enter pada keyboard.
  3. Urutkan data dalam tabel dengan cara berikut : 
  • Dalam keadaan data masih terseleksi (diblok), klik tab Data kemudian klik ikon Sort. (perhatikan gambar di bawah) : 
    Letak icon sort pada Tab Ribbon Data 
  • Setelah itu akan ditampilkan kotak dialog Sort sebagai berikut : 
    Kotak dialog Sort
  • Pada bagian Sort by, pilih judul kolom pertama yaitu Kode. Pada Sort On pilih Values, dan pada bagian Order pilih A to Z, dan yang terakhir klik OK. Hasilnya akan nampak seperti gambar di bawah ini : 
    Tabel Vertikal yang telah diurutkan
  • offset_kolom merupakan nomor urut yang kita pakai sebagai penentu posisi atau nomor urut kolom pada tabel data yang akan kita baca.
  • offset_kolom selalu dimulai memakai angka 1 meskipun dalam menuliskan tabel data tidak dimuali pada klom pertama pada Sheet Ms. Excel.
  • Aabila nilai pada offset_kolom lebih dari jumlah kolom dalam tabel, maka VLOOKUP akan menampilkan nilai kesalahan #REF!. Sedangkan jika nomor offset_kolom<1 b=""> maka VLOOKUP akan menampilkan nilai kesalahan #VALUE!.
Enter your email address to get update from Kumpulan Rumus Excel.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Kumpulan Rumus dan Fungsi Excel - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger