logo blog
Selamat Datang Di Blog Kumpulan Rumus Excel
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kumpulan Rumus Excel,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Rumus OFFSET

Rumus OFFSET merupakan salah satu rumus yang dapat kita pakai untuk menghitung hasil referensi range yang telah kita tetapkan jumlah baris dan kolomnya dari suatu sel atau range sel. Adapun Referensi yang kita hasilkan dapat berupa sebuah sel tunggal atau juga sekelompok sel. Kita dapat menetapkan jumlah baris dan jumlah kolom yang akan dihitung.

Rumus : =OFFSET(reference,rows,cols,height,width)
  • reference merupakan referensi yang ingin kita pakai sebagai dasar pencarian OFFSET. Reference harus mengacu pada suatu sel atau range sel bersebelahan, apabila tidak, maka OFFSET akan menampilkan nilai kesalahan #VALUE!.
  • rows merupakan jumlah baris bawah atau atas yang akan kita pakai sebagai sisi kiri atas sel acuan. Misalnya penggunaan nilai 5 pada argumen ini, berarti bahwa sel kiri atas di dalam referensi adalah 5 baris sebelum referensi. Baris dapat negatif (di atas awal referensi) atau positif (di bawah awal referensi).
  • cols merupakan jumlah kolom yang ada di sebelah kiri atau kanan yang akan kita pakai sebagai kiri atas sel acuan. Misalnya penggunaan 5 pada argumen kolom, menetapkan kiri atas sel dalam referensi adalah 5 kolom di sebelah kanan referensi. Kolom dapat di kiri awal referensi (negatif) atau di kanan awal referensi (positif).
  • height merupakan tinggi jumlah baris yang akan kita tampilkan referensinya. Nilainya harus menggunaan angka positif.
  • width merupakan lebar jumlah kolom yang akan kita tampilkan referensinya. Nilainya juga harus menggunakan angka positif.
  • Apabila baris dan kolom acuan OFFSET melebihi batas maksimal worksheet, maka OFFSET akan meanmpilkan nilai kesalahan #REF!.
  • Apabila height dan width kita hilangkan, maka akan diasumsikan memiliki tinggi dan lebar yang sama dengan acuan.
  • OFFSET tidak dapat menghasilkan perpindahan ke sel manapun atau mengubah pilihan, akan tetapi hanya menampilkan suatu referensi sel. Rumus OFFSET dapat juga kita pakai pada rumus apapun yang memerlukan suatu argumen referensi. Misalnya : SUM(OFFSET(C2,1,2,3,1)) untuk menghitung total nilai pada range dengan 3 baris dan 1 kolom, yaitu 1 baris di bawah dan 2 kolom disebelah kanan sel C2.
Contoh :
Rumus
Keterangan
Hasil
=OFFSET(C3,2,3,1,1)
Menampilkan nilai yang ada pada sel F5.
0
=SUM(OFFSET(C3:E5,-1,0,3,3))
Menghitung total dari range C2:E4.
0
=OFFSET(C3:E5,0,-3,3,3)
Menghasilkan nilai kesalahan karena acuannya berada di luar lembar kerja (worksheet)
#REF!

Enter your email address to get update from Kumpulan Rumus Excel.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Kumpulan Rumus dan Fungsi Excel - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger