logo blog
Selamat Datang Di Blog Kumpulan Rumus Excel
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kumpulan Rumus Excel,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.

Rumus SUMIFS

Rumus SUMIFS. Rumus ini dapat kita gunakan untuk menjumlahkan data numberik yang memenuhi lebih dari 1 kriteria. Perbedaan antara rumus SUMIF dengan SUMIFS terletak pada jumlah kriteria yang kita gunakan. Apabila hanya satu kriteria kita gunakan Rumus SUMIF, akan tetapi jika lebih dari satu kriteria maka kita menggunakan Rumus SUMIFS.

Rumus : =SUMIFS(sum_range,range_kriteria1,kriteria1,range_kriteria2,kriteria2,...........)

  • sum_range merupakan alamat range data, array, atau referensi lain yang berisis data angka yang akan kita jumlahkan. Jika range berisi data teks atau 0 maka akan diabaikan.
  • range_kriteria1,range_kriteria2,....... merupakan alamat range data yang akan kita uji menggunakan kriteia yang kita masukkan.
  • kriteria1,kriteria2,....... adalah kriteria yang akan kita uji baik rumus, alamat sel ataupun teks yang mengekspresikan kriteria yang akan kita uji. Sebagai contoh kriterianya adalah 32, ditulis "32",">32","Dlingo", atau bisa kita gunakan alamat sel misalnya B4.
  • Masing-masing sel di dalam sum_range kita jumlahkan hanya jika semua kriteria yang kita tetapkan menghasilka nilai benar.
  • Sel di dalam sum_range yang berisi FALSE dibaca sebagai nilai 0 (nol), sedangkan yang berisi TRUE dibaca sebagai nilai 1.
  • Berbeda dengan argumen range dan kriteria di dalam fungsi SUMIFS, masing-masing argumen kriteria_range di dalam SUMIFS harus memiliki bentuk dan ukuran yang sama dengan sum_range.
  • Kita dapat memakai karakter seperti tanda tanya (?) dan tanda bintang (*) di dalam suatu kriteria. Tanda bintang (*) mewakili beberapa karakter sedangkan tanda tanya (?) mewakili karakter tunggal. Jika kita ingin menemukan tanda bintang atau tanda tanya yang nyata, kita tambahkan tilde (~) di depan karakter kriteria.
Contoh :
Data Input rumus SUMIFS

Rumus
Kreterangan
Hasil
=SUMIFS(B2:E2,B3:E3,”>3%”,B4:E4”>=2%”)
Mencari jumlah dari masing-masing rekening bank yang bunganya lebih dari 3% pada tahun 2012 dan lebih dari sama dengan 2% untuk tahun 2013.
500
=SUMIFS(B2:E2,B5:E5,”>=1%”,B5:E5,”<=3%”,B4:E4,”>1%”)
Mencari jumlah dari masing-masing rekening bank yang bungan antara 1% sampai 3% pada tahun 2014 dan lebih dari 1% untuk tahun 2013.
8711


Enter your email address to get update from Kumpulan Rumus Excel.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

Copyright © 2013. Kumpulan Rumus dan Fungsi Excel - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger