Rumus SUM. Seperti yang telah kita ketahui bersama, di dalam Microsoft Office Excel banyak sekali rumus-rumus yang bisa berfungsi untuk meringankan atau juga memudahkan pekerjaan kita sehari-hari terutama dalam hal hitung-menghitung. Tentunya dalam hal penjumlahan kita akan sering sekali menjumpainya, kalau data-data numberiknya cuma sedikit tentunya gak pake rumus excel gak masalah, akan tetapi jika kita akan menjumlahkan data-data numberik dalam jumlah besar dan banyak maka menggunakan rumus yang ada dalam Ms. Excel akan sangat terasa manfaatnya. Untuk menjumlahkan data-data numberik kita bisa menggunakan Rumus SUM.
Rumus : =SUM(angka1,angka2,angka3,.........)
- angka1,angka2,angka3,...... adalah data numberik atau bisa juga alamat sel atau alamat range yang nilai datanya akan kita hitung nila totalnya.
Contoh :
Data Input Rumus SUM |
Rumus
|
Keterangan
|
Hasil
|
=SUM(3,2)
|
Mencari nilai total penjumlahan dari 3 dan 2.
|
5
|
=SUM(A2:A5)
|
Mencari nilai total data pada range A2:A5.
|
303
|
=SUM(A2:A4,15)
|
Mencari nilai total data pada range A2:A4, kemudian ditambah 15.
|
295
|