Rumus LOOKUP dalam Ms. Excel dapat kita gunakan untuk mengambil nilai dari suatu data baris, kolom range atau sebuah array data. Rumus LOOKUP memiliki 2 bentuk, yakni : Vector dan Array.
LOOKUP Vector
Rumus ini dapat kita pakai untuk membaca salah satu data dari serangkaian data, atau dari tabel lainnya.
Rumus : =LOOKUP(lookup_value,lookup_vector,result_vector)
- lookup_value merupakan data kunci yang kita gunakan untuk acuan dalam membaca data dari range data pada tabel yang dibaca.
- lookup_vector merupakan data yang isinya kita gunakan untuk data kunci pada bagian lookup_value. Data dalam range lookup_vector dapat berisi data yang bertipe data teks, numberik, atau juga nilai logika.
- result_vector merupakan range data yang berisikan data yang akan kita cari nilainya dengan mengacu pada dat kunci yang diberikan lookup_value.
Contoh :
- Penggunaan rumus LOOKUP hampir sama dengan rumus HLOOKUP yaitu untuk mengambil atau membaca data dari tabel lain.
- Coba sekarang kita buka workbook baru, dan masukkan beberapa contoh data di bawah ini :
Tabel data yang akan dibaca dengan Rumus LOOKUP - Pilih sel C2 kemudian ketik rumus sebagai berikut :
- Hasil dari penulisa rumus di atas adalah sebagai berikut :
Hasil Pengambilan data dengan Rumus LOOKUP
Bentuk LOOKUP yang ke dua adalah LOOKUP Array :
- LOOKUP Array